| FAQ | Peta Situs | Kamus | A A A

Berita Utama


Bimbingan Teknis Penerapan Program dan Kebijakan Pelayanan Kefarmasian di Daerah Binaan Wilayah Provinsi Bengkulu

“Tugas Nusantara Sehat adalah tugas yang sangat mulia, kita semua menaruh harapan dan penghormatan yang besar terhadap Tim Nusantara Sehat ini.” Dikatakan Dirjen Farmalkes pada pertemuan Bina Wilayah di Bengkulu (28/09/17).

Acara pembukaan ” Pertemuan Bina Wilayah (Binwil) Provinsi Bengkulu dilaksanakan dalam rangka percepatan pencapaian indikator kesehatan dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada pembangunan kesehatan.

Dalam hal pelaksanaan program prioritas Nasional pembina wilayah antara lain bertugas untuk:

a. Inventarisasi permasalahan, melakukan bimbingan dan pendampingan dalam pencapaian tujuan pembangunan kesehatan nasional.

b. Mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan dan langkah strategis dalam pemecahan masalah pada program pembangunan kesehatan di daerah.

c. Memantau pencapaian indikator.

d. Menyusun dan melaporkan pelaksanaan kegiatan di wilayah binaan secara berkala kepada Menteri Kesehatan.

Oleh karena itu perlu dilakukan pertemuan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu serta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di wilayah Bengkulu dan unsur terkait untuk melakukan koordinasi terkait evaluasi dan capaian program prioritas nasional di wilayah Provinsi Bengkulu.

Penerapan Program Prioritas Nasional yaitu Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Nusantara Sehat sudah memasuki tahun ketiga, sehingga perlu di lakukan Monitoring dan evaluasi atas pelaksanaannya.

Pendataan yang telah dilakukan untuk Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Provinsi Bengkulu sampai dengan tanggal 26 September 2017 sebanyak 13.071 keluarga akan dilaksanakan pada 45 Puskesmas prioritas dengan cakupan 230 Tenaga Kesehatan terlatih.

Sementara untuk Program Nusantara Sehat terdapat 5 Puskesmas lokasi penempatan Tim Base Nusantara sehat yang berada di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Bengkulu Tengah, yang perlu dievaluasi penerapan rencana umum kegiatan (RUK) nya.

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi yang baik antara Dinkes Provinsi, Dinkes Kabupaten/Kota, Pusat (dalam hal ini Binwil) serta stakeholder terkait.

Peserta pertemuan ini terdiri dari unsur Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Dinas Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu (Penanggungjawab Program PIS-PK dan Nusantara Sehat), Total peserta pertemuan ini beserta narasumber 74 orang.

 

 

Print Friendly

Beri komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*