| FAQ | Peta Situs | Kamus | A A A

Berita Utama


Workshop Pembinaan Usaha Jamu Gendong dan Usaha Jamu Racikan di Jakarta

ujg
Senin, 15 September 2014 Subdit Produksi dan Distribusi Obat dan Obat Tradisional, Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian melaksanakan kegiatan Workshop Pembinaan Usaha Jamu Gendong dan Usaha Jamu Racikan di Hotel Aston Rasuna, Jakarta.

Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dra. Maura Linda Sitanggang, Apt., Ph.D, dan dihadiri oleh Direktur Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian Dra. Dettie Yulianti, Apt, M.Si., Kasubdit Produksi dan Distribusi Obat dan Obat Tradisional Dra. Nur Ratih Purnama, Apt, M.Si., Kasubdit Sumber Daya Kesehatan Dinkes Provinsi DKI Jakarta, wakil dari Sudinkes Kota Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, GP Jamu, 100 orang pelaku usaha jamu gendong dan usaha jamu racikan dari beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta (Mampang, Kuningan, Menteng, Jagakarsa) beserta para staf Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian yang bersangkutan.

Dalam pertemuan ini disampaikan hal – hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha jamu gendong dan jamu racikan dalam rangka meningkatkan penggunaan jamu agar dapat lebih berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan meningkatkan ekonomi rakyat melalui paparan yang disampaikan oleh beberapa narasumber yaitu Kasubdit Produksi dan Distribusi Obat dan Obat Tradisional Dra. Nur Ratih Purnama, Apt, M.Si. mengenai Keamanan Jamu dan Bahan Kimia Obat, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Ibu Nurliani Bermawie mengenai Pengenalan Bahan Baku Segar dan Bermutu Baik untuk Jamu, DPP GP Jamu Ibu Dewita Agus mengenai Pengembangan Usaha Jamu Gendong dan Usaha Jamu Racikan, dan Pusat Promosi Kesehatan Ibu Herawati, MA mengenai Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), serta diskusi aktif oleh peserta yang ditujukan kepada narasumber.

Usaha Jamu Gendong dan Usaha Jamu Racik sebagai ujung tombak dalam melestarikan budaya Indonesia diharapkan mampu membuat masyarakat menjadi lebih cinta jamu dalam rangka membuat masyarakat Indonesia sehat dengan mengacu kepada cara pembuatan jamu yang benar berikut aspek – aspek yang terkait mulai dari persiapan, proses pembuatan dan cara penggunaannya. Sehingga, jamu yang merupakan obat alami asli warisan nenek moyang Indonesia dapat terjaga kelestariannya.

Paparan-paparan:

  1. Bahaya Bahan Kimia Obat pada Jamu
  2. Kemanan Jamu
  3. Penganalan Bahan Baku Segar dan Bermutu Baik untuk Jamu
  4. PHBS & CTPS Dalam Upaya Pembinaan Jamu

Beri komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Pin It on Pinterest