| FAQ | Peta Situs | Kamus | A A A

Berita Utama


Menkes Buka Rakerkesnas 2014 Regional Barat di Jakarta

IMG_3991 Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH pada hari ini (Selasa, 1 April) melaksanakan pembukaan kegiatan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakernas) tahun 2014 regional Barat.Rakernas 2014 ini, merupakan kesempatan besar untuk melihat kembali apa saja yang sudah disepakati pada Rakerkesnas tahun sebelumnya. Dan bersama-sama mengevaluasi untuk mengidentifikasi lebih banyak lagi hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakat di daerah.

Pada tahun ini, Rakerkesnas 2014 yang mengusung tema “Pemantapan Pembangunan Kesehatan Menuju Masyarakat Sehat, Mandiri, dan Berkeadilan”, Kemenkes RI melaksanakan tiga tahap pembukaan yakni regional Tengah, Timur dan Barat dan dibuka regional Barat menandakan bahwa Rakerkesnas sudah terlaksana semua. “Tahun lalu kita sudah merumuskan banyak hal, namun dirasa masih belum membumi. Untuk itu, pada Rekerkesnas kali ini diharapkan bisa dirumuskan hasil yang lebih konkret berdasarkan analisa serta pembelajaran keberhasilan daerah lainnya,” ujar Menkes dalam acara yang bertema Konferensi Pers Rakerkesnasi 2014: Pemantapan Pembangunan Kesehatan Menuju Masyarakat Sehat, Mandiri, dan Berkeadilan, di Hotel Bidakara, R. Birawa Lt.1,Jakarta Selatan, Selasa, (1/4/2014).

IMG_4015Menkes juga menambahkan jika tujuan dalam acara ini, salah satunya adalah mempercepat target-target MDGs, karena diketahui sejauh ini masih ada pekerjaan rumah yang belum diselesaikan.
“Tujuan dari acara ini, yang pertama, untuk meningkatkan komunikasi dan sinkron dalam rencana pembangunan. Kedua, mengidentifikasi masalah, guna mempercepat tercapinya target-target MDGs, sejauh ini masih ada rapor merah. Bagaimana kita mengejarnya, tahun lalu kita berkomitmen untuk mengejarnya. Tahun ini kita menunjukannya, lewat terobosan-terobosan. Kita juga bersama-sama melihat ke depan, menyusun RPJMN. Persiapan kabinet dengan mengatakan ‘oke’ apa yg akan menjadi isu-isu strategis utama kesehatan 2015 sampai 2019 ini,” imbuhnya. Rangkaian kegiatan Rakerkesnas 2014 diawali di Bali untuk untuk regional Tengah. Dari 16 sampai 19 Maret 2014, kemudian dilanjutkan ke Manado untuk regional Timur dari 23 Maret sampai 26 Maret 2014. Terakhir di Jakarta untuk regional Barat dari 31 Maret sampai 3 April 2014.

Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergisme antara pusat dan daerah dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunana kesehatan tahun 2014. Hal itu agar bisa mewujudkan visi masyarakat yang sehat, mandiri dan berkeadilan. Selain itu, pertemuan ini juga mengidentifikasi masalah terkait pelaksaan pembangunan kesehatan, terutama percepatan pembangunan Millenium Development Goals.

Print Friendly

Beri komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*