| FAQ | Peta Situs | Kamus | A A A

Berita Utama


Kementerian Kesehatan Gelar Rapat Kerja Kesehatan Nasional di 3 Provinsi

Pertengahan Maret hingga awal April 2014, Kementerian Kesehatan RI menggelar Rangkaian Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) di 3 kota untuk masing masing regional. Kegiatan diawali dari Bali (regional tengah) pada tanggal 16 – 19 Maret, dilanjutkan ke Manado (regional tengah) pada tanggal 23 – 26 Maret dan Jakarta (regional barat) pada tanggal 31 Maret – 3 April. Para peserta terdiri dari Peserta daerah berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi, Kab/Kota serta Unit Pelayanan Teknis (UPT) vertikal pusat.

Tahun ini Rakerkesnas mengusung tema “Pemantapan Pembangunan Kesehatan Menuju Masyarakat Sehat Mandiri dan Berperikeadilan”. Pertemuan ini bertujuan meningkatkan koordinasi dan sinergisme antara Pusat dan Daerah dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan kesehatan tahun 2014, guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkeadilan. Selain itu, pertemuan ini juga untuk mengidentifikasi masalah di daerah terkait pelaksanaan pembangunan kesehatan, terutama percepatan pembangunan MDGs di bidang kesehatan dan Penerapan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Bali untuk kesekian kalinya dipercaya untuk mengehelat kegiatan Besar. Kali ini, Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) tahun 2014 mempercayakan Nusa Dua Convention Centre, Nusa Dua Bali sebagai tempat penyelenggaraan untuk wilayah Regional Tengah (16 -19/3). Dengan mengusung tema Pemantapan Pembangunan Kesehatan Menuju Masyarakat Sehat, Mandiri, dan Berkeadilan, peserta Rakerkesnas mencapai hampir 600 peserta.

rakerkesnas 1

Diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Tarian Selamat Datang, Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi berkenan untuk membuka Rakerkesnas 2014. Pembukaan yang juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi Bali ini sekaligus pula dilakukan penadatanganan MoU antara Sekjen Kemenkes RI dan Sekjen Kemendikbud.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Rakerkesnas 2014 juga dilaksanakan di tiga wilayah berbeda. Bali menjadi pilihan untuk pelaksanaan Rakerkesnas Wilayah Regional Tengah.

Untuk Wilayah Regional Timur, dilaksanakan di Manado pada 23-26 Maret. Dan wilayah Regional Barat dilaksanakan di Jakarta 31 Maret- 3 April. Untuk wilayah regional Tengah ini, terdiri dari 11 provinsi. Diantaranya adalah Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTT, NTB, Kalsel, Kaltim, Kalteng, Kalbar, Kaltara

Dalam setiap rapat komisi dalam Rakerkesnas akan dilakukan diskusi dan berbagi pengalaman serta informasi antar peserta, sehingga dapat dirumuskan kesepakatan pelaksanaan upaya percepatan pencapaian MDG bidang kesehatan peningkatan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) serta rancangan RPJMN 2015 – 2019 yang ditindaklanjuti para peserta dengan melakukan identifikasi masalah dan bottle neck yang terjadi. Dari sini kemudian melakukan pemecahan masalah dan the bottle necking menggunakan intervensi yang telah terbukti berhasil menggunakan sumber daya yang diutamakan berasal dari daerah masing masing melalui optimalisasi dan sinkornisasi kegiatan.

Pada akhir acara nanti, diharapkan akan terbentuk rumusan rekomendasi kebijakan perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan kesehatan, peningkatan peranan Provinsi dalam pembangunan kesehatan, terwujudnya kesepakatan dan pemahaman tentang penyelenggaraan prioritas pebangunan nasional di bidang kesehatan.

rakerkesnas 2

Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan seperti tahun tahun sebelumnya mengikuti secara aktif kegiatan pada rapat kerja kesehatan nasional kementerian kesehatan ini melalui keikutsertaan dalam Pameran Pembangunan Kesehatan yang memberikan informasi berbagai hal yang terkait dengan bidang Kefarmasian dan Alat Kesehatan, sejak Rakerkesnas pertama di Bali, Manado dan nanti di Jakarta pada tanggal 30 Maret s/d 2 April 2014

Dengan Pameran Pembangunan Kesehatan 2014 ini diharapkan dapat saling berbagi informasi terkait pembangunan kesehatan nasional dengan cara yang interaktif, tatap muka langsung dan berdiskusi, sebagai ajang memperkenalkan program yang berinovasi sehingga menjadi contoh bagi daerah yang lain, selain sebagai wahana ramah tamah sertabersilaturahmiantar pemangku kesehatan di Indonesia

Pameran Pembangunan Kesehatan pada Rakerkesnas 2014 ini juga dibagi menjadi 3 regional, yaitu Regional Barat yang diikuti oleh Provinsi seluruh pulau Sumatera, Banten, DKI dan Jawa Barat yang akan berlangsung di Jakarta 31 Maret – 2 April 2014, Regional Timur yang diikuti olehprovinsi di pulau Sulawesi, Maluku dan Papua bertempat di Manado yang akan berlangsung pada 23-26 Maret 2014 yang disesuaikan dengan pelaksanaan Rakerkesnas.

Beri komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Pin It on Pinterest