| FAQ | Peta Situs | Kamus | A A A

Obat


Nitisinone

FOTO:Thinkstock

Nitisinone digunakan untuk mengobati gangguan tyrosinemia jenis 1 (HT-1). HT-1 biasanya ditemukan pada bayi dan membutuhkan pengobatan seumur hidup. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan zat alami tertentu yang diperlukan untuk memecah nutrisi (tirosin) yang ditemukan dalam makanan.

Efek ini menyebabkan penumpukan zat tirosin dan terkait dalam hati. Nitisinone bekerja dengan membantu mencegah pembentukan dan penumpukan zat beracun yang menyebabkan beberapa kerusakan pada hati, ginjal, dan sistem saraf. Obat ini harus digunakan bersama dengan diet rendah protein dan tirosin fenilalanin.

Indikasi
Obat untuk mengatasi gangguan tyrosinemia (HT-1)

Dosis
Minum obat ini pada waktu perut kosong setidaknya 1 jam sebelum makan, biasanya dua kali sehari, atau seperti yang diarahkan oleh dokter. Untuk anak-anak yang tidak mampu menelan kapsul, kapsul dapat dibuka dan isinya dicampur dalam jumlah kecil air, susu formula, atau apel segera sebelum digunakan. Pastikan anak menelan dosis keseluruhan.
Dosis didasarkan pada berat badan, kondisi medis, dan respon terhadap pengobatan. Produsen merekomendasikan bahwa pasien tidak boleh mengambil lebih dari 2 miligram per hari. Ambil obat ini secara teratur dan pada waktu yang sama setiap hari.

Penting bagi pasien yang mengambil obat ini, untuk mengikuti diet khusus rendah protein dan tirosin fenilalanin. Konsultasikan dengan dokter, apoteker, atau ahli gizi untuk lebih jelasnya. Nitisinone dapat meningkatkan kadar tirosin dan menyebabkan masalah mata.

Pasien harus menjalani tes mata sebelum menggunakan obat ini sehingga nantinya dokter dapat melihat apakah ada perubahan.

Sumber: WebMD

Print Friendly