| FAQ | Peta Situs | Kamus | A A A

Obat


Budesonide

FOTO:Thinkstock

Budesonide adalah obat yang digunakan untuk mengendalikan kondisi usus tertentu (seperti penyakit Crohn, kolitis ulserativa). Sementara budesonida tidak menyembuhkan kondisi ini, tetapi hanya dapat menurunkan gejala-gejala seperti nyeri dan diare. Budesonide adalah obat anti-inflamasi (hormon kortikosteroid) yang bekerja dengan mengurangi respon imun tubuh.

Indikasi
Obat untuk mengendalikan gejala penyakit radang usus, seperti Penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

Dosis
Minum obat ini dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter, biasanya sekali sehari di pagi hari. Minum obat ini dengan segelas penuh air, kecuali dokter mengarahkan sebaliknya. Menelan seluruh obat dan jangan menghancurkan atau mengunyahnya, karena dapat meningkatkan efek samping.

Dosis dan lamanya pengobatan didasarkan pada kondisi medis dan respon terhadap pengobatan. Hindari makan jeruk atau minum jus jeruk saat dirawat dengan obat ini kecuali dokter menginstruksikan sebaliknya. Jeruk dapat meningkatkan jumlah obat tertentu dalam tubuh. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Jika Anda secara teratur mengambil kortikosteroid yang berbeda (misalnya prednisone), Anda tidak boleh berhenti minum kecuali diarahkan oleh dokter. Beberapa kondisi (seperti asma, alergi) dapat menjadi lebih buruk ketika Anda tiba-tiba berhenti minum obat ini.

Anda mungkin mengalami gejala penarikan jika tiba-tiba berhenti minum obat ini. Untuk mencegah gejala penarikan (seperti lemah, penurunan berat badan, mual, nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, pusing), dokter mungkin mengarahkan untuk perlahan-lahan menurunkan dosis Budesonide.

Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk rincian lebih lanjut, dan melaporkan setiap reaksi penarikan yang terjadi dengan segera. Gunakan obat ini secara teratur dan pada waktu yang sama setiap hari. Jangan meningkatkan dosis atau mengonsumsi obat dalam waktu yang lebih lama daripada yang disarankan karena dapat meningkatkan risiko efek samping yang serius.

Laporkan kepada dokter jika kondisi Anda terus-menerus menetap atau malah memburuk.

Sumber: WebMD

Print Friendly